Sungai Terkenal di Indonesia yang Perlu Dikunjungi

Tahukah Anda apa saja sungai terkenal di Indonesia? Indonesia merupakan negara kepulauan dengan variasi topografi. Berbagai pegunungan, gunung-gunung, kepulauan kecil, sungai-sungai, dataran, perbukitan, dan bentuk permukaan alam lain di Indonesia menunjukkan keindahan alam Indonesia.

Topografi Indonesia sebagai bentuk perpaduan kondisi alam dengan interaksi sosial banyak yang menjadi tujuan wisata yang menarik. Ada pegunungan yang memiliki ngarai-ngarai indah, dataran yang memiliki padang rumput yang luas, dan sungai-sungai yang memiliki keunikan berbeda-beda.

Di Indonesia, sedikitnya terdapat 5.960 daerah aliran sungai (DAS) dan memiliki fungsi yang berbeda bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya. Ada yang menjadikan sungai sebagai mata pencaharian, sumber air, media transportasi, bahkan tempat bertransaksi dan berinteraksi berbagai orang yang ada di masyarakat.

Dari sekian banyak sungai yang ada, ada beberapa sungai terkenal di Indonesia. Popularitas sungai ini memiliki sebab yang berbeda, ada yang karena panjangnya, keunikan kehidupan sosial di sekitarnya, sejarah yang terjadi di sungai tersebut, dan lain sebagainya. Berikut adalah sungai-sungai yang populer di Indonesia.

Sungai Terpanjang di Indonesia

Predikat sungai terpanjang selalu membuat sebuah sungai terkenal di antara banyak orang. Meskipun Indonesia adalah negara kepulauan sehingga daratan-daratan di negeri ini terputus oleh lautan, ada beberapa sungai di Indonesia yang termasuk sangat panjang.

Sungai Kapuas.

Sungai ini mengalir sepanjang lebih dari 998 kilometer di Kalimantan Barat dari pedalaman Putussibau sebagai hulu sungai ke banyak daerah di Kalimantan Barat. Sungai ini memiliki banyak anak sungai, yang terbesar adalah Sungai Kapuas yang mengalir di Kalimantan Tengah melalui Kabupaten Kapuas dan bermuara di Laut Jawa.

Sungai Kapuas merupakan urat nadi kehidupan masyarakat di sekitarnya. Dengan potensi dua juta ton ikan dan transportasi murah yang ditawarkan, menjadikan Sungai Kapuas memiliki peranan tak tergantikan. Tidak mengherankan jika sungai ini menjadi sungai terkenal di Indonesia.

Sungai Mahakam

Sungai terpanjang kedua berada di Kalimantan Timur, yaitu Sungai Mahakam yang membentang sepanjang 920 kilometer. Sungai ini melewati beberapa kabupaten, mulai dari hulu di Kabupaten Kutai Barat, sampai Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir sebelum bermuara ke Selat Makassar.

Seperti Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, Sungai Mahakam juga dijadikan sarana transportasi serta sumber air dan perikanan. Ada beberapa anak Sungai Mahakam di antaranya yang terkenal adalah Sungai Belayan, Kedang Pahu, Kedang Kepala, Telen, Tenggarong, dan Karang Mumus.

Sungai Barito

Berikutnya, ada sungai sepanjang 704 kilometer yang membentang di sepanjang aliran sungai di Kalimantan Tengah. Sungai ini dikenal sebagai Sungai Barito atau Banjar Besar atau Sungai Banjarmasin. Dulu dalam sejarahnya, sungai ini juga disebut Sungai Cina karena aktivitas perdagangan di sungai tersebut banyak dilakukan oleh kaum Tionghoa.

Sungai dengan lebar rata-rata antara 700-900 meter dan kedalaman rata-rata delapan meter ini mengalami ancaman sedimentasi atau pendangkalan yang parah karena berkurangnya wilayah hutan tropis. Hutan-hutan di kawasan sekitar sungai telah banyak dimanfaatkan menjadi perkebunan sawit.

Sungai ini memiliki dua anak sungai utama, yaitu Sungai Martapura dan Sungai Negara. Di DAS Barito inilah ada pasar terapung yang populer dan sering dijadikan tempat wisata, di antaranya adalah Pasar Terapung Muara Kuin dan Lok Baintan. Pasar Terapung Muara Kuin terletak di Kota Banjarmasin dan aktivitasnya dilaksanakan dari Subuh sampai sekitar pukul delapan pagi.

Tiga puluh menit dari Kota Banjarmasin dengan menyusuri Sungai Mahakam, wisatawan dapat mencapai Pasar Terapung Lok Baintan yang berlokasi di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Sungai terpanjang lain yang layak dikunjungi adalah Sungai Mamberamo dan Digul di Papua serta Sungai Musi di Sumatra.

Itulah daftar sungai terkenal di Indonesia berdasarkan panjang aliran sungainya. Sehingga, menjadi pusat aktivitas kehidupan masyarakat di sepanjang DAS.

Sungai Bersejarah dan Unik

Tidak hanya sungai terpanjang di Indonesia yang populer dan menarik banyak orang untuk berkunjung. Ada sungai-sungai yang tidak terlalu panjang atau lebar, bahkan termasuk sungai yang cukup kecil, tetapi memiliki keunikan yang membuatnya terkenal. Di antara keunikan tersebut bisa jadi adalah sejarah yang dimilikinya. Ada beberapa sungai yang terkenal karena sejarahnya, di antaranya adalah Sungai Musi.

Sungai Musi

Sungai Musi yang mengalir di Sumatra ini memiliki panjang 507 kilometer dan termasuk salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Namun, sejarah di sungai ini juga terkenal, terutama di jembatan yang dibangun di atasnya, di Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera.

Awalnya, jembatan tersebut bernama Jembatan Bung Karno tetapi pada pergolakan politik tahun 1966 namanya diganti menjadi Ampera, singkatan dari amanat penderitaan rakyat.  Jembatan ini merupakan jembatan yang menjadi salah satu ikon Kota Palembang.

Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang. Sungai ini mengalir sepanjang 120 kilometer melalui Bogor, Depok, dan Jakarta. Sungai ini berhulu di daerah sekitar Puncak dan Gunung Gede-Pangrango. Pada bagian hilir, sungai ini cukup lebar dan dapat dilewati oleh kapal-kapal. Karena sungai ini melewati Jakarta, sejarah di sungai ini tak lepas dari sejarah ibukota.

Dulu, sungai ini merupakan tempat transaksi perdagangan dan transportasi barang-barang. Berbagai ras dan suku pedagang baik dari dalam dan luar negeri bertemu di Sungai Ciliwung. Setelah kemerdekaan dan ketika arus urbanisasi besar-besaran terjadi ke ibukota, Sungai Ciliwung semakin tercemar oleh limbah rumah tangga.

Banyak perkampungan dibangun di bantaran sungai dan menyebabkan berbagai permasalahan. Sungai Ciliwung sekarang ini airnya tak dapat lagi dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun, karena sejarah panjangnya dalam perkembangan ibukota dan lokasinya sangat strategis, Sungai Ciliwung menjadi sungai yang sangat populer meski belum berpotensi sebagai tujuan wisata karena pencemaran parah yang terjadi.

Sungai Tamborasi

Ada sungai terkenal di Indonesia yang patut dikunjungi karena keunikannya. Pernahkah Anda membayangkan ada sungai yang panjangnya hanya 20 meter? Jika Anda ingin melihatnya, Anda perlu berkunjung ke Kolaka, Sulawesi Utara. Sungai ini bernama Tamborasi dan berhulu di sebuah bukit kapur dan bermuara di laut yang berada di dekat bukit kapur tersebut.

Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Panjangnya yang hanya 20 meter menjadikan sungai ini berada dalam daftar sungai terpendek di dunia. Keunikan lain juga dimiliki oleh Sungai Bawah Tanah Goa Pindul, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sungai ini berada di bawah goa kapur yang banyak memiliki stalaktit dan stalakmit besar. Dalam beberapa tahun terakhir, sungai ini dijadikan tempat wisata yang menawarkan rafting di aliran sungai sepanjang 300 meter dan lebar 5 meter di dalam goa yang gelap.

Sungai Air Terjun Moramo

Sungai unik lain yang patut dikunjungi berada di Kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kendari, Sulawesi Tenggara. Sungai ini sangat unik karena memiliki tujuh tingkat air terjun sehingga pemandangan di sana sangat menakjubkan. Air terjun di sana dinamai Moramo yang sangat unik dan berbeda dari air terjun lainnya.

Dengan ketinggian sekitar seratus meter, air terjun Moramo memiliki tujuh tingkat dan beberapa tingkat kecil setinggi satu sampai satu setengah meter. Dengan keunikan ini, sungai ini layak untuk dikunjungi. Itulah daftar sungai terkenal di negara Indonesia yang perlu untuk diketahui dan beberapa juga sangat pantas untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *