Software Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Software untuk mempercepat koneksi internet adalah sebuah piranti lunak yang bisa dimanfaatkan untuk menggenjot koneksi dan kecepatan internet. Kecepatan di sini bermakna ganda; Pertama, kecepatan dalam akses dan browsing. Kedua, kecepatan dalam men-download. Tidak bisa dipungkiri jika men-download adalah salah satu aktivitas favorit dalam berinternet. Meski internet memiliki banyak fitur, men-download adalah yang paling masif dilakukan tatkala netizen menjelajah dunia maya.

Software untuk mempercepat koneksi internet yang paling sering digunakan adalah IDM atau Internet Download Manager. Dalam mempercepat koneksi internet tak hanya dibutuhkan sebuah software. Ada tips lain yang bisa Anda manfaatkan jika ingin ngebut dalam “berselancar”.

Sejatinya, dalam berinternet, setidaknya ada beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan koneksi. Sebut saja modem atau perangkat koneksi yang digunakan, performa komputer, paket langganan, cuaca, dan lokasi. Dengan demikian, jika Anda telah mematrikkan segala tips atau menggunakan software yang disarankan, belum tentu kecepatan internet secara otomatis dapat tergenjot. Sebab, ada beberapa unsur lainnya yang sangat memengaruhi kecepatan internet.

Selain software, salah satu tips dalam mempercepat koneksi internet adalah dengan mengganti alamat DNS (Domain Name System). Mengapa DNS ini perlu diganti? Sebab, umumnya DNS bawaan yang dipakai selama ini telah crowded alias menumpuk.

Kita bisa memanfaatkan open DNS milik Google misalnya. DNS raja internet ini stabil dan memang diperuntukkan bagi mereka yang kesulitan dalam mengakses inernet. Selain mengganti DNS, satu cara lagi dalam mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan peramban atau browser khusus yang memang terkenal ngebut. Browser tersebut adaah Google Chrome.

Google secara khusus menghadirkan Chrome sebagai peramban andal yang telah terintegrasi dengan pelbagai layanan serta produk Google lainnya. Dengan memakai Chrome, Anda akan mendapatkan manfaat lebih dari sekadar browsing.

Software untuk mempercepat koneksi internet

Hingga saat ini, Google Chrome menjadi browser kedua di bawah Internet Explore (IE) dari Microsoft, sebagai peramban yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia. Google Chrome bahkan mampu mengalahkan peramban-peramban yang telah hadir sebelumnya, sebut saja Firefox, Opera, atau Safari.

IDM atau Internet Download Manager

Cara yang pertama untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan IDM atau Internet Download Manager. Aplikasi ini adalah software favorit netizen yang ingin melipatgandakan kecepatan unduh tatkala men-download.

IDM ini bisa Anda manfaatkan untuk menambah kecepatan download, bukan kecepatan internet. Lantas bagaimana cara untuk menambah kecepatan koneksi internet? Akan dibahas dalam penjelasan selanjutnya. Sekarang mari kita bahas cara menggunakan IDM terlebih dahulu.

IDM adalah software dengan jenis trialware. Software jenis ini sejatinya gratis, namun memiliki “umur” atau kedaluarsa. IDM hanya menggratiskan software-nya dalam 30 hari atau satu bulan. Setelah masa gratis tersebut usai, Anda harus membeli versi full-nya. Lantas berapakah harga versi full-nya? Sekitar Rp 200 ribu.

Untuk mengunduh IDM, sila tuju ke laman utama IDM di alamat InternetDownloadManager.com. Setelah masuk ke landing page IDM, sila klik “Try Internet Download Manager for Free”. Setelah Anda mengekliknya, tunggu beberapa saat hingga proses download selesai.

Setelah proses download selesai, klik master aplikasi IDM dua kali atau tekan “Enter”. Setelah proses instalasi usai, nantinya Anda diminta untuk me-reboot komputer atau me-restart-nya. Jika sudah, maka IDM akan mengkonfigurasi dan mengintegrasi di pelbagai peramban yang Anda gunakan di komputer.

Kemudian, buka salah satu peramban yang Anda gunakan. Jika muncul sebuah jendela baru yang memuat notifikasi bahwa IDM telah berhasil dikonfigurasikan dengan peramban, maka IDM siap digunakan.

Keunggulan IDM

Ada beberapa keunggulan IDM sebagai software untuk mempercepat koneksi internet.

  1. Pertama, IDM bisa melipatgandakan kecepatan unduh tatkala Anda men-download. IDM mengklaim mampu meningkatkan kecepatan unduh hingga 200%. Ini berarti mencapai dua kali lipat. Namun, untuk beberapa kasus tertentu, terkadang kecepatan unduh bisa meningkat hingga 500%.
  2. Kedua, IDM adalah software downloader atau aplikasi unduhan. Dengan demikian, segala macam fitur terkait dengan download-men-download tersedia di IDM. Contoh, IDM mampu mengunduh semua link atau tautan yang tersedia di laman web hanya dengan sekali klik. Fitur lainnya terkait dengan download, yakni kemampuan IDM dalam menge-pause serta me-resume download. Fitur ini tak akan Anda jumpai di fitur download bawaan peramban.
  3. Ketiga, Anda bisa menkonfigurasikan pelbagai akun file hosting yang dimiliki dengan IDM. Misalkan saja, Anda memiliki akun premium Rapidshare. Dengan sedikit pengaturan, maka Anda bisa mengunduh dan mengunggah berkas ke Rapidshare dengan pelayanan member premium. Ini juga berlaku untuk file hosting lainnya, sebut saja Mediafire.
  4. Keempat, bagi Anda yang gemar mengunduh video dari Youtube, IDM akan memanjakan aktivitas tersebut. Tatkala video Youtube dimainkan, sebuah tombol download akan muncul di pojok kanan atas media pemutar. Sila klik tombol tersebut untuk mengunduh langsung video dari Youtube yang Anda inginkan.

Google Chrome

Google Chrome bukan aplikasi atau software yang mampu melipatgandakan kecepatan koneksi internet. Dengan peramban besutan Google ini, Anda bisa menjelajah laman demi laman website dengan cepat dan nyaman serta dijamin keamanannya.

Kompetisi di aplikasi peramban komputer kian ketat. Dulu, kita mungkin hanya mengenal Internet Explore atau Mozilla. Kini, Google Chrome hadir bukan hanya sebagai “kuda hitam”, tetapi juga membuat aplikasi peramban lain was-was. Dan, berikut alasan mengapa Anda harus memilih Google Chrome.

Keunggulan Google Chrome

Pertama, Google Chrome sangat cepat. Cepat di sini memiliki makna ganda; cepat saat dibuka dan cepat saat memuat (loading). Google Chrome diciptakan agar bekerja dengan cepat, bahkan tatkala pertama kali dibuka dari desktop komputer. Coba bandingkan dengan Firefox yang membutuhkan waktu yang cukup lama tatkala pertama kali membukanya.

Google Chrome juga sangat cepat dalam proses muat (loading). Peramban ini bisa memuat laman demi laman web dalam tempo sekejap. Tak hanya itu, Google Chrome bahkan bisa menjalankan pelbagai aplikasi web yang sangat rumit. Ini yang tidak Anda jumpai di peramban lain.

Kedua, Google Chrome sangat simpel dan minimalis. Tampilannya tidak terlalu banyak ornamen yang mengganggu mata. Coba kita bandingkan dengan Firefox atau Internet Explore. Di kedua peramban tersebut, biasanya dipenuhi dengan toolbar dan adds ons yang selalu menjejali peramban. Sangat mengganggu.

Sedangkan di Google Chrome, tampilannya sangat bersih. Dan bahkan. Anda tak akan menjumpai kotak penelusuran di peramban ini. Sebab kotak penelusuran Google Chrome dijadikan satu dengan kotak URL peramban.

Google Public DNS memang bukan software untuk mempercepat koneksi internet. Namun, jangan sepelekan tips ini. Google Public DNS terbukti ampuh dan manjur tatkala DNS provider yang digunakan telah kelewat crowded.

Ibarat jalan tol yang tak kunjung bertambah panjang dan lebar, namun pengguna jalan makin bertambah, begitulah gambaran DNS. Google Public DNS sengaja dihadirkan oleh Google sebagai DNS alternatif dari DNS yang telah disediakan oleh provider yang Anda gunakan.

Cara menerapkannya sangat mudah. Anda tinggal mengganti DNS provider dengan Google Public DNS. Tuju “Control Panel” kemudian klik “Network Connections”. Lantas klik dua kali koneksi internet (modem) yang sedang Anda gunakan.

Kemudian, klik “Properties” – “Networking” – centang “Internet Protocol” dan klik “Properties”. Di menu “USE the following DNS server addresses”, ganti “Preferred DNS server” dengan “8.8.8.8” dan ganti “Alternate DNS server” dengan “8.8.4.4”. Jika sudah klik OK.

Kemudian buka peramban Anda dan rasakan perbedaannya. Laman demi laman internet akan dapat dibuka lebih cepat dari biasanya. Mengganti Google Public DNS adalah solusi alternatif selain dengan software untuk mempercepat koneksi internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *