Memilih Software Perawatan Komputer Terbaik

Software perawatan komputer adalah software yang berfungsi untuk membersihkan dan menjaga perangkat lunak yang terdapat pada komputer. Sama halnya dengan tubuh, komputer atau laptop yang digunakan terus menerus tanpa dibarengi dengan perawatan, asupan vitamin bisa mengalami penurunan kondisi. Walaupun komputer Anda secara kasat mata baik-baik saja, namun perangkat yang ada, khususnya perangkat lunak perlu dirawat dan dijaga, apalagi dengan kondisi komputer yang menyimpan penuh data-data, file-file yang cukup banyak. Ini bisa menjadi beban yang terlalu berat

Tanpa adanya software perawatan komputer, maka virus dengan mudahnya masuk, menjajah data-data di komputer dan tidak menutup kemungkinan menghilangkan beberapa data file. Software untuk perawatan komputer ibarat  pekerja dan penjaga yang gagah berani. Ia bisa membuat  performa komputer Anda tetap stabil.

Seputar Software Perawatan Komputer

Jika bingung software apa yang cocok untuk komputer Anda, ikuti pembahasan artikel ini sampai tuntas. Namun Sebelum membahas mengenai perawatan komputer, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu perangkat-perangkat yang terdapat di komputer.

Perangkat-perangkat Komputer

Komputer terdiri atas dua perangkat yang masing-masing memiliki fungsi dan tugas, yaitu sebagai berikut.

1. Perangkat Keras (Hardware)

Cara merawat hardware bisa dengan membersihkan atau lakukan pengecekan komponen-komponen yang terdapat di CPU. Caranya bisa dengan menggunakan kuas agar kotoran dan debu tidak menempel. Membersihkan hardware tidak boleh menggunakan kain yang basah atau cairan apapun khususnya pada motherboard, hard-disk, RAM, power supply, dan lain sebaginya.

2. Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah istilah yang dipakai untuk data yang disimpan dan diformat secara digital yaitu, program komputer, dokumentasi, dan berbagai macam data dan informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Terdapat dua software di komputer, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, sistem operasi adalah program yang menghubungkan pengguna dengan hardware computer. Biasanya sistem operasi yang digunakan seperti Linux, Mac OS, Windows. Sistem operasi memiliki tugas untuk mengatur eksekusi program, melakukan koordinasi input (pemasukan), output (pengeluaran), melakukan proses, memori, serta instalasi software.
  • Kedua, sistem Aplikasi adalah suatu perangkat lunak pada komputer yang memanfaatkan kemampuan yang dimiliki komputer, dan sekaligus menerapkan kemampuannya untuk mengerjakan tugas. Misalnya dalam kerja pengolahan kata, lembar kerja, dan lain sebagainya.

Penyebab Masalah dan Cara Merawat Perangkat Lunak

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan fungsi komputer tidak berjalan dengan baik, ini bisa terasa dan terlihat lambatnya kerja komputer, misalnya pada waktu membuka file loadingnya cukup lama. Beberapa faktor penyebab kinerja komputer menjadi sangat lemah dan lambat adalah karena hal-hal berikt.

  • Sistem operasi komputer yang digunakan dengan sembarangan, tidak hati-hati.
  • Sering mendownload, lalu menginstal kemudian melakukan uninstall menyebabkan penumpukan di tempat sampah. Inilah yang menyebabkan komputer sangat lambat bekerjanya. Membuka satu file saja membutuhkan waktu yang lama.
  • Fragmentasi, yaitu kondisi di mana file terbagi menjadi beberapa di dalam cluster dan harddisk.
  • File-file atau program yang tidak terlalu penting.

Dengan segala aktivitas seperti faktor di atas, tentu saja komputer mengalami gangguan, padahal software adalah bagian komputer yang sangat penting karena kenyataannya kerja komputer memang tergantung pada software atau perangkat lunak. Mengingat tugas software melakukan kontrol terhadap hardware, memproses data, menganaliss dan menghasilkan data, mengharuskan pemilik/pemakai untuk menjaga dan dengan rutin melakukan perawatan.

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan perangkat lunak.

  • Memilih software untuk perawatan komputer yang tepat untuk komputer, sesuai dengan kebutuhan. Gunakan operating system dan juga aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda.
  • Gunakan program yang bisa membunuh virus dan melakukan scan computer secara rutin dan berkala. Mengecek dan memperbaharui atau meng-update antivirus jika sudah pada ambang batas.
  • Melakukan Scaning secara rutin file-file yang terdapat di dalam komputer. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan menditeksi adanya virus. Sebaiknya hindari melakukan transfer dengan menggunakan disket atau dengan bebas memasukkan data dari flasdick orang lain.
  • Melakukan disk cleanup dengan rutin. Hal ini dilakukan agar ruang yang terdapat pada hard-disk dapat berfungsi dengan baik dan bekerja semaksimal mungkin.
  • Lakukan defragement yang sudah tersedia pada perangkat komputer atau laptop. Tujuannya adalah agar file-file yang terdapat di dalam bisa dirapihkan oleh program.
  • Hapuslah program atau file yang sudah tidak Anda gunakan.
  • Sebaiknya jangan melakukan instalasi sistem aplikasi yang tidak terlalu penting, karena semakin banyak konfigurasi sistem lunak pada sistem komputer bisa mengakibatkan computer menjadi lambat.

Sofware untuk Perawatan Komputer

Untuk melakukan pembersihan, penjagaan perangkat lunak komputer, yang dibutuhkan adalah software yang mampu bekerja membersihkan, menjaga serta menghalau virus, dan lain sebagainya.

Berikut ada beberapa pilihan nama-nama software untuk perawatan komputer yang bisa Anda dapatkan dengan mendownlodnya di internet. Anda bisa mendapatkannya dengan registrasi (pembayaran) dan ada juga yang tersedia secara gratis.

  • CCleaner, adalah software yang berfungsi untuk mengoptimalkan kerja komputer dan mampu membersihkan registry. Fitur penting yang terdapat pada CCleaner adalah tersedianya peralatan yang digunakan untuk membersihkan jejak yang ditinggalkan pada waktu menjelajahi internet.
  • RevoUninstaller, adalah software yang bisa membersihkan atau menghapus program yang terdapat di komputer, dan sudah tidak ingin digunakan lagi. Program ini bisa menghapus pula system registry dari program yang sudah anda uninstall.
  • 3.360 Amigo, adalah software yang bisa mengoptimalkan dan merawat computer agar kinerjanya menjadi lebih mantap dilengkapi system tools yang dirancang agar computer bekerja dengan maksimal. 3.360 dilengkapi dengan fitur yang menghapus file-file yang sudah tidak dipakai, termasuk historis pada browser, link, log dan banyak lagi.
  • DoubleKiller, adalah aplikasi software yang khusus digunakan untuk mencari duplicat file yang sama, duplicat (data kembar) file ini akan memenuhi hard disk computer. Cara kerja DoubleKiller mencari file yang sama adalah dengan mengkombinasikan nama, ukuran, tanggal pada waktu modifikasi dan isinya.
  • Penghapusannya tidak langsung hilang, pada waktu proses scan selesai, maka semua file yang sama akan muncul, ditampilkan di layar sehingga masih bisa memilih file mana yang ingin Anda hapus.
  • Ad-Aware adalah software yang terbilang sudah cukup lama dalam menangani permasalahan anti adware dan anti spyware, dan inilah yang menjadi keahlian software ini untuk menagani masalah adware dan spyware.
  • Batterycare adalah software yang menangani khusus permasalahan baterai laptop atau notebook. Dengan menggunakan software ini Anda tidak perlu khawatir lagi jika baterai rusak atau cepat drop.
  • Deffraggler adalah software bawaan dari Windows, keahliannya mampu men-defrag file dan folder tertentu saja yang Anda pilih, tanpa harus men-defrag keseluruhan drive hardisk. Dengan begitu mampu membantu mempercepat prosesnya. Defragmentasi data-data perlu dilakukan agar respon hardisk bisa terjaga dan bekerja lebih peka.
  • Tweak Manager adalah software yang sangat simpel dan mudah digunakan, inilah kelebihannya, Anda bisa memilih yang menurut Anda paling mudah. Tampilan aplikasi ini berbentuk daftar yang disertai option checkbox.

Demikian pembahasan mengenai tip dan pilihan software perawatan komputer yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *