Apa Saja Software Memperbaiki Harddisk yang Bagus?

Jika mempunyai barang, tentu saja harus dirawat dengan baik. Kenapa? Agar barang tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama. Setidaknya itulah yang harus dilakukan pula dengan sebuah perangkat komputer. Sebagai barang elektronik yang rentan terkena gangguan, kita sangat wajib merawatnya, termasuk dengan urusan harddisk. Jika harddisk rusak, kita bisa menggunakan software memperbaiki harddisk.

Harddisk sendiri merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah CPU. Harddisk merupakan komponen perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menyimpan banyak data. Kapasitas perangkat tersebut bermacam-macam dan umumnya memiliki kapasitas yang cukup banyak. Namun sayangnya harddisk tersebut rentan akan masalah, salah satunya bad sector.

Namun jika komputer kalian terdapat gangguan seperti itu, jangan risau dulu karena semua maslaah bisa diselesaikan. Apalagi masalah tersebut bisa diselesaikan oleh sendiri, dengan bantuan dari software. Ya, software memperbaiki harddisk yang akan dibahas kali ini adalah seputar masalah bad sector.

Langsung saja kita lihat beberapa software yang berperan memperbaiki masalah tersebut.

1. HDD Regenerator

Banyak software memang yang memiliki peran penting dalam urusan maslaah tersebut. Adapun software tersebut bisa kita dapatkan di banyak toko komputer, salah satunya dengan HDD Regenerator. Bahkan software tersebut bisa dimasukkan ke dalam kategori yang cukup bagus.

HDD Regenerator merupakan sebuah program yang bisa diandalkan untuk memperbaiki fisik hard drive. Terlebih untuk urusan bad sector ini. Bad sector ini tidak akan disembunyikan, melainkan berhasil dikembalikan ke kondisi awal. Jika menggunakan software ini, komputer yang tadinya tidak dapat terbaca karena bad sector, bisa kembali terbaca.

2. EASEUS Partition Master

Satu lagi software yang bertugas untuk memperbaiki bad sector adalah EASEUS Partition Master yang bisa dikatakan cukup ampuh. Bahkan kemampuannya cukup ampuh untuk memperbaiki partisi dan program disk management secara keseluruhan.

Secara luas, fungsi dari software ini adalah untuk membantu memperluas partisi pada komputer, mengatur disk space yang bisa dilakukan dengan mudahnya, serta bisa membantu penyelesaian masalah pada disk space, khususnya pada disk MBR dan GUID partition table.

Namun ada yang harus diperhatikan ketika menggunakan software yang satu ini. Seluruh data yang tersimpan dalam harddisk haruslah dalam keadaan tersalin di media lainnya. Kenapa? Karena hal itu untuk membantu data tersebut menjadi hilang ketika sedang melakukan perbaikan harddisk tersebut.

3. EASEUS Data Recovery Wizard

Selain yang dua tersebut, masih ada software lainnya yang bisa menyembuhkan harddisk tersebut. Nama software ini adalah EASEUS Data Recovery Wizard yang bisa dikatakan cukup ampuh. Dikatakan cukup ampuh karena software ini bisa mengembalikan data yang hilang sekalipun, termasuk yang crash dari perangkat yang lunak, telah diformat atau harddisknya yang rusak, disebabkan oleh adanya virus, dan lainnya.

Kemampuannya ini sangat diminati oleh banyak pengguna. Kenapa dikatakan demikian? Karena bisa bekerja maksimal dalam memperbaiki disk yang dinamis, RAID dan sistem file ext2/ext3. Tentunya dengan memakai software yang satu ini bisa membuat rasa aman ketika ada masalah pada harddisk, terutama karena bad sector.

4. Disk Cleaner

Untuk memperkaya referensi dalam software tersebut, kita bisa mencoba dengan Disk Cleaner. Software yang satu ini bisa dikatakan cukup cepat dalam memulihkan harddisk. Semua itu bisa dilihat dari file yang tersimpan dalam folder, Internet Explore Cache dan Cookies, serta Recycle Bin bisa disembuhkannya. Jadi rasanya bisa mencobanya, bukan?

5. Wise Disk Cleaner

Jika bertanya mengenai software memperbaiki harddisk yang cukup mudah dilakukan, jawabannya adalah Wise Disk Cleaner. Software yang satu ini bisa digunakan untuk membersihkan banyak sampah yang sudah tidak diperlukan. Sampah-sampah tersebut meliputi sampah hasil uninstall program yang masih dalam keadaan tidak lengkap, Temporary Internet Files, dan masih banyak lagi. Semua pekerjaan tersebut bisa diselesaikannya dengan cukup cepat, dan pastinya menyeluruh.

6. SpinRite

Masih ada lagi software yang bertuga suntuk mengembalikan data dan menyembuhkan harddsik. Namanya adalah SpinRite. Software yang satu ini bisa dengan mudah didapatkan dengan mengunduhnya di internet. Kapasitasnya pun cukup kecil, jadi tidak akan terlalu menyita kapasitas di CPU kita.

Memahami apa itu bad sector

Jika kita sering memakai komputer pastinya harus siap dengan segala masalah. Masalah tersebut umumnya berupa virus. Namun jangan salah karena masalah pada komputer, khususnya harddisk ada yang harus diperhatikan. Namanya adalah bad sector. Adakah yang pernah mendengarnya? Ataukah masih awam dengan nama istilah tersebut? Lantas, masalah seperti apa sih bad sector itu?

Bad sector merupakan sekumpulan data yang berukuran sangat kecil dan itu terdapat pada harddisk. Data dalam harddisk nantinya tidak dapat terbaca. Jika bad sector mempunyai cukup banyak dan didiamkan saja, bukan tidak mungkin akan menyerang harddisk. Imbasnya harddisk pun akan mengalami kerusakan yang tidak bisa digunakan lagi.

Sebenarnya bad sector bukan masalah yang cukup besar untuk harddsik, secara keseluruhan untuk komputer. Hanya saja jika itu tidak diatasi dengan benar maka kerusakanlah yang akan didapat. Selain itu, bad sector pun sudah menjadi masalah klasik pada kebanyakan harddisk. Sejalan dengan itu, kita sendiri pun sebenarnya bisa mengatasi masalah pada bad sector tersebut.

Memang kenapa bisa terjadi bad sector itu? Umumnya karena kesalahan kita sendiri. Berikut ini beberapa alasan bisa terjadinya bad sector yang cukup memusingkan kita.

  • Cara mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur. Bahkan cara tersebut merupakan cara yang cukup kasar.
  • Cacat yang berada dalam harddisk. Cacat tersebut bisa terjadi karena banyaknya debu yang masuk, kepala dari harddisk tersebut berhasil menyentuh kepada permukaan dari piringan.
  • Usia dari perangkat keras yang kebanyakan sudah berumur, termasuk juga di dalamnya dengan kipas prosesor yang sudah sangat buruk, menghindarinya dari kabel data, serta dengan kondisi hard drive yang sudah kepanasan.
  • Adanya malware juga ikut menjadi penyebab adanya bad sector.

Selain itu, pemahaman mengenai bad sector pun terjadi pada jenisnya. Bad sector sendiri memiliki dua jenis, yakni hard bad sector dan soft bad sector. Lantas, apa pula pengertian dari kedua jenis bad sector tersebut?

Hard bad sector merupakan masalah yang sering terjadi karena kerusakan yang disebabkan pada fisik. Salah satu contohnya bisa terjadinya benturan terhadap head. Hal ini umumnya disebabkan oleh kesalahan kita sendiri atau teknisi ketika memperbaiki. Bisa saja head telah menyentuh terlebih dahulu kepada piringan yang cukup vital. Sebaiknya kita mencegah terjadinya hard bad sector ini.

Sementara itu, soft sector terjadi karena adanya kesalahan pada koneksi di sebuah sektor. Kesalahan tersebut umumnya ketika Error Correction Code (ECC) yang isinya tidak sesuai dengan apa yang tertuang dalam isi dari sektor tersebut. Jika sudah begini, cara untuk memperbaikinya adalah dengan menulis ulang semuanya dalam disk hingga selesai atau nol.

Nah, itulah ulasan mengenai software memperbaiki harddisk jika terjadi bad sector. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *